Jumat, 11 Januari 2013

Artikel


KESALAHAN SAAT BERDIET


Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan berdiet. Namun, banyak sekali yang mengalami kegagalan ketika melaksanakan program diet yang telah disusun. Berikut ini kesalahan yang harus dihindari selama program penurunan berat badan.
Mengatur pola makan memang harus dilakukan, terutama bagi yang menjalankan program penurunan berat badan atau penurunan lemak. Namun, jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat, alih-alih berhasil, sebaiknya waktu, materi, dan emosi terkuras sia-sia.
Berikut beberapa kesalahan yang dilakukan saat berdiet .
1.       Hasil Insatan
Biasanya ketika melakukan program diet, terbayang hasil ideal yang akan dicapai. Padahal diet ini merupakan salah satu proses yang membutuhkan waktu. Hasilnya hanya dapat dilihat dalam jangka panjang. Itu pun harus disertai dengan komitmen dan kerja keras.
2.       Mengubah Pola Makan
Untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal, biasanya dilakukan perubahan pola makan secara ekstrem. Misalnya mengurangi jumlah kalori secara drastic. Mengubah dari kebiasaan makan nasi menjadi umbi-umbian saja. Atau, mengubah makan yang biasanya tiga kali dalam sehari menjadi hanya sekali sehari. Diet yang benar tidak dengan mengubah kebiasaan makan, tetapi hanya cukup mengubah porsi secara perlahan.
3.       Melewatkan Sarapan
Kesalahan lainnya adalah meninggalkan sarapan. Hal ini sangat fatal. Dengan melewatkan sarapan artinya anda sudah memberikan kesempatan kepada lambung untuk kosong lebih lama. Sehingga ketika anda makan siang, rasa lapar yang tidak tertahankan akan membuat anda ingin mengatasi lambung sebanyak mungkin. Dengan sarapan nutrisi seimbang, lengkap dengan karbohidrat, protein, dan lemak sehat, seperti yang terdapat pada sereal gandum atau yogurt, maka anda dapat menurunkan berat badan dari pada anda tidak sarapan.
4.       Enggan Olahraga
Olahraga merupakan penunjang dari diet yang dilakukan. Maka, mau tidak mau harus tetap melakukannya. Pilih olahraga berjenis cardio untuk membantu membakar lemak anda. Seperti bersepeda, jogging, badminton, renang, futsal, basket, dan sebagainya.
5.       Jalan Pintas
Banyak orang yang memilih jalan pintas dengan menggunakan obat-obatan, suplemen, atau bahkan sedot lemak untuk menurunkan berat badannya dengan instan. Ingat kembali bahwa selama metabolism tubuh anda belum berada di jalur yang benar, semua metode itu tidak akan memberikan hasil optimal. Untuk itu, perbaiki dulu metabolism tubuh anda dengan cara berolahraga dan menjaga pola makan.
6.       Salad untuk Diet
Memperbanyak  serat dengan mengonsumsi salad memang baik. Namun, harus hati-hati memilih  bahan salad. Hindari membuat salad dengan memasukan banyak makanan berlemak dan berkalori tinggi saat membuatnya.
7.       Produk Rendah Lemak
Salah satu penunjang diet biasanya menggunakan produk-produk rendah lemak. Namun, perlu anda pahami, jika ada produk makanan bertuliskan “ rendah lemak “, bukan berarti produk tersebut rendah kalori.

( enny )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar