Jumat, 11 Januari 2013

Tipss


SECANGKIR KOPI DAN KESEHATAN
 
         Secangkir kopi memang sangat dinikmati saat pagi atau sore hari dengan ditemani beberapa makanan kecil membuat suasana semakin santai dan tenang. Namun, jika kopi dikonsumsi berlebihan, akan member dampak negative bagi kesehatan.
      Biasanya orang-orang yang bekerja, terutama pria, sangat hobi sekali untuk meminum minuman yang memiliki berbagai jenis aroma ini. Tetapi, dibalik kenikmatan saat menyeruput kopi, ternyata menjadi pro-kontra di kalangan medis. Sebagian medis menyarankan kepada orang untuk mengurangi ataupun menghindari dari minuman yang mengandung kafein yang besar. Karena, kandungan kafein yang ada pada kopi menyebabkan berbagai bentuk penyakit seperti :
1.       Resiko serangan jantung. Dengan mengonsumsi terlalu banyak kopi bisa memicu tingginya kolesterol pada seseorang. Sebab, kandungan zat terpenoid tersebut yang bisa meningkatkan kolesterol dan mengeraskan pembuluh darah.
2.       Memicu depresi. Salah satu gejala orang depresi adalah yang mana seseorang sulit untuk tidur nyenyak. Hal ini karena kafein merangsang adrenalin hingga depresi selama 18 jam.
3.       Impotensi. Kafein yang sangat tinggi bisa mengurangi produksi sperma. Jadi, bila seseorangyang mengalami impotensi, apakah dalam kesehariannya adalah seseorang yang maniak kopi.
4.       Pencernaan. Kafein pada kopi sangat mudah sekali membuat asam lambung menjadi meningkat, sehingga orang tersebut akan merasa kembung atau mulas setelah meminum kopi.
Adapun efek negatif yang ditimbulkan oleh kopi seperti noda pada gigi dan bau mulut. Sementara kopi juga memiliki sebuah manfaat besar dalam penyembuhan seperti pencegah penyakit prostat dan juga bisa digunakan untuk mencegah bayi agar tidak kejang. Bila dikonsumsi masih dalam level yang wajar, pastinya kopi akan memberikan sebuah manfaat positif bagi kesehatan.


Sumber : Majalah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar